Article

Kenapa perlu e-POD ?

POD adalah dokumen konfirmasi hasil pengantaran atau bukti penerimaan kiriman. Sedangkan e-POD adalah bentuk digitalisainya. Dalam penggunaanya, e-POD bisa dibilang bukan hal yang baru. Untuk Odisys, pertama kali mempunyai fitur ini tercatat pada tahun 2014. Namun sampai saat ini penggunaan e-POD atau POD keduanya masih banyak digunakan. Selain faktor digitalisasi, apakah manfaat mengimplementasikan e-POD ? Simak rangkuman dari kami berikut ini :

  1. Meningkatkan akurasi bukti pengantaran
    Karena dengan e-POD dapat dilengkapi dengan fitur :
    1. Real-time update status tracking
    2. Geolocation
    3. Foto
  2. Membuka tambahan layanan
    Dapat berupa SMS atau email yang akan dikirim setelah kurir menyerahkan kepada penerima
  3. Monitoring live-tracking posisi kurir
    Lokasi kurir dapat dipantau baik dari sisi pelanggan maupun perusahaan (seperti GPS Tracker)
  4. Konsistensi proses kerja, juga meningkatkan produktivitas dan efesiensi
    Setiap proses tercatat langsung pada sistem, sehingga juga menghilangkan redundansi pekerjaan menginput pada kertas POD atau dokumen pengantaran kemudian mengupdatenya ke sistem
  5. Paperless
    Tidak perlu lagi pengadaan printer dan kertas serta ruang dan pengelolaan arsipnya jika tidak, maka harus menscan POD terlebih dahulu
Kesimpulan

E-POD dapat menjadi tools untuk meningkatkan layanan dan kepuasan pelanggan, bahkan bisa jadi membuka peluang bisnis baru.
Dengan hanya menambah investasi smartphone yang bisa dibebankan kepada perusahaan atau kurir membuat pengimplementasiannya cukup mudah dan murah. Jika anda tertarik untuk migrasi ke e-POD, silahkan hubungi kami ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *