Blogs

Teknologi untuk Peningkatan Proses Last Mile Delivery

Dengan tersebarnya virus covid-19, peningkatan akan kebutuhan terhadap teknologi dan jasa pengantaran semakin tinggi, hal tersebut disebabkan
adanya pembatasan akses secara tatap muka atau offline. Berikut ini kontribusi dari teknologi yang dapat meningkatkan proses last-mile delivery :

  1. Kemudahan akses informasi
    Dengan teknologi, semua data dapat terintegrasi baik dari sisi internal (seperti data antar kantor, cabang, departemen) maupun ke eksternal dari customer dan juga ke vendor. Selain memberikan informasi secara real-time, hal tersebut juga dapat membantu untuk memberi tahu atas apa yang akan terjadi dalam bentuk notifikasi atau alert, meminimalisir perulangan entri data, memonitor proses operasional, validasi terhadap dependensi suatu proses atau dokumen, evaluasi dari dashboard dan reporting lainnya, serta pertukaran informasi menjadi lebih contactless.
  2. Mesin sortir otomatis
    Terdiri dari beberapa tipe seperti cross belt sorter, tilt tray dan lainnya. Komponen utamanya terdiri dari conveyor system termasuk scanner dan sensor, dan juga sorting system. Mesin ini bisa memberikan penghematan tenaga kerja yang dibutuhkan, peningkatan pada kecepatan dan akurasi, dan juga kapasitas sortir.
  3. Dispatch Automation
    Sebelum barang diantarkan, biasanya tim dispatch membagi kiriman sesuai area kurir yang telah ditentukan dan kurir yang tersedia. Dengan teknologi proses ini dapat dibantu dengan sistem bahkan bisa sepenuhnya secara otomatis.
    Proses awalnya sistem akan mengumpulkan kiriman yang akan diantarkan beserta kurir yang tersedia pada shift tersebut. Konversi alamat pengantaran menjadi geolocation koordinat jika ada yang belum memilikinya. Pengelompokkan lokasi berdasarkan rute dengan jarak terdekat. Assignment ke kurir sekaligus pembentukan delivery runsheet. Tingkat lanjutnya sistem bisa men-suggest kurir dengan jenis armada yang diprioritaskan dan beberapa kurir yang mungkin tidak digunakan pada shift tersebut.
  4. Perencanaan dan optimasi Routing
    Mungkin fitur ini paling familiar digunakan oleh banyak orang yang biasa diakses seperti dari aplikasi google maps. Fitur ini juga akan membantu untuk kurir menentukan urutan rute kiriman dan memberikan navigasi rute yang tercepat dan terdekat. Penggunaa fitur ini juga dapat mengetahui keberadaan kurir secara real-time yang mungkin dibutuhkan jika ada pekerjaan tambahaan saat kurir dijalan dan data tracking.
  5. Peningkatan komunikasi
    Selain poin diatas, peningkatan kualitas dan efesiensi komunikasi juga dapat meningkat. Karena akan ada beberapa hal yang bisa kita dapat langsung dari sistem dengan lebih transparan, menyeluruh dan cepat. Dengan tersedianya informasi yang dapat lebih dini diketahui juga bisa mentrigger agar langsung berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait untuk dapat menyelesaikan atau meminimalisir masalah yang terjadi.

Untuk pengimplementasian teknologi untuk proses delivery, anda bisa juga menghubungi Odisys untuk membantu mengadopsi sesuai kebutuhan perusahaan.